Zundapp adalah brand sepeda motor yang terkenal di Jerman. Sejarah Zundapp dimulai tahun 1917 yang didirikan oleh Dr Fritz Neumeyer dan Friedruch Krupp AG di Nuremberg. Nama perusahaan pun diambil dari nama singkat mereka, “Zünder- und Apparatebau G.m.b.H” sebagai produsen detonator/bahan peledak. Pada tahun 1919, karena permintaan alat senjata menurun setelah Perang Dunia I, Neumeyer menjadi pemilik tunggal dari perusahaan dan dua tahun kemudian, ia membuat bermacam-macam konstruksi sepeda motor.
Sepeda motor pertama Zundapp adalah Z22 pada tahun 1921. Iklan of the day menyatakan bahwa sepeda motor adalah "Motorrades für jedermann," sepeda motor bagi semua orang. Dengan desain yang simple dan dapat diandalkan serta diproduksi dengan berbagai seri.
Sejarah motor Besar Zundappp dimulai pada tahun 1938 dengan K-series. Mereka memperkenalkan bak mesin yang tertutup, yang terbaru pada waktu itu. (K singkatan dari "Kardanantrieb" yakni driveshaft ditutupi dengan dua sendi universal, jenis drivetrain, yang menampilkan model ini). Yang mencakup model seri 200-800 cc dan merupakan keberhasilan besar, meningkatkan Zündapp dari pasar di Jerman dari 5% pada 1931 hingga 18% pada 1937. Dari tahun 1940, Zündapp telah memproduksi lebih dari 18'000 unit dari KS750, sebuah sespan digerakkan dengan sisi roda dan penguncian diferensial untuk Jerman Wehrmacht.
Mulai tahun 1931 Ferdinand Porsche dan Zündapp mengembangkan "Auto für Jedermann" (mobil untuk semua orang), yang pertama kalinya nama "Volkswagen" telah digunakan. Porsche pilihan yang 4 - silinder mesin flat, tapi Zündapp menggunakan air-cooled radial 5 silinder mesin. Pada tahun 1932 telah berjalan tiga prototip. Semua tiga mobil hilang selama perang, yang terakhir di 1945 di Stuttgart saat serangan bom.
Setelah Perang Dunia II, perusahaan secara bertahap dialihkan ke mesin-mesin produksi yang lebih kecil, misalnya dengan "Bella" motorscooter, masih relatif mesin berat untuk tipe itu. Akhir dari motor besar, dan mengidikasikan juga salah satu model paling terkenal, dirilis pada 1951: di KS601 (yang "hijau gajah") dengan 598 cc dua silinder mesin.
Dari 1957 ke 1958 perusahaan juga menghasilkan Zündapp Janus microcar.
Pada tahun 1958 perusahaan dipindahkan dari Nurnberg ke Munich. Kemudian, perusahaan mengembangkan beberapa model baru yang lebih kecil, berhenti mengembangkan mesin 4-tak dan hanya memproduksi model 2-tak. Awalnya, Zündapp dan scooters mopeds terjual dengan baik, tetapi kemudian penjualan menurun, dan pada tahun 1984, perusahaan itu bangkrut dan ditutup
Pada tahun 1984 dan 1985, Zündapp mulai mengalami kesulitan keuangan parah dan akhirnya, seluruh saham dan pabrik dijual ke Cina.
11:04 PM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comments:
hmm.
Post a Comment